I. LATAR BELAKANG
Masjid adalah
tempat melakukan segala
aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah semata. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam
Al-Quran sural Al-Jin (72): 18, yang menegaskan bahwa, Sesungguhnya
masjid-masjid itu adalah milik Allah, karena janganlah menyembah selain Allah sesuatu pun. Rasulullah SAW juga bersabda,
Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid dan sarana
penyucian diri (HR Bukhari dan Muslim melalui Jabir
bin Abdullah). Masjid An-Nur Plaza Mandiri adalah merupakan masjid Bank Mandiri yang
berlokasi di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 36-38 Jakarta Selatan
II. VISI
Menjadikan Masjid An-Nur
sebagai pusat pembinaan keagamaan, ukhuwah islamiyah dan sarana
tarbiyah/ pendidikan bagi pegawai Bank Mandiri,
keluarga, dan masyarakat sekitar Plaza Mandiri
III. MISI
Meningkatkan
kualitas keimanan dan intelektual Islam pegawai, keluarga, dan masyarakat
sekitarnya serta memberikan manfaat bagi umat Islam secara umum
IV. MOTTO
Melayani jama’ah secara amanah, profesional dan ikhlas
V. VALUE
(a)
Sidhiq-Benar
(b)
Tabliq-Transparan & Komunikatif
(c)
Amanah-Dapat dipercaya
(d) Fatonah-Sistemasis & Smart.
VI. SASARAN STRATEGIS
1.
Mewujudkan dan meningkatkan tingkat awareness dan
understanding, serta mampu meningkatkan sense of belonging terhadap keberadaan
Masjid An-Nur di kalangan jamaah terutama pegawai Bank Mandiri khususnya
dan di Plaza Mandiri pada umumnya
2.
Membangun dan menerapkan secara luas nilai-nilai yang
dianut Masjid An-Nur, yaitu
Sidhiq, Tabliq, Amanah, Fatonah, dan Istiqomah
3.
Mendukung terwujudnya misi dan visi Masjid An-Nur,
terutama melalui manajemen
masjid yang
modern dan profesional,
jamaah yang berintelektual Islam dan
berakhlakul karimah, kegiatan
memakmurkan masjid yang efektif dan berkesinambungan serta kerjasama dengan masjid perkantoraan
lembaga/institusi lainnya.
VII. OPERASIONAL
MASJID
a)
Agenda
Harian (Sholat 5 Waktu Zhuhur, Ashar,
Maghrib, Isya, Subuh)
b)
Agenda
Mingguan
Senin & Kamis |
Takjil buka puasa sunah senin
dan kamis |
Selasa |
Pengajian Kajian Intensif Muslimah (KIM) |
Rabu Ke-1 |
Kajian Tafsir
Al-Quran |
Rabu Ke-3 |
Kajian Kitab Bulughul Maram |
Rabu Ke-2 dan
4 |
Ceramah Umum (Akhlaq, Tauhid dll) |
Kamis Ke-1 dan
3 |
Tahsin Al-Qur’an |
Jumat |
Kegiatan Sholat Jum’at |
c)
Agenda
Khusus
·
Momentum
PHBI
·
Program
Ramadhan
VIII. OBJEK JAMA’AH
a)
Pegawai
Muslim Bank Mandiri di Plaza Mandiri berjumlah sekitar + 10.044
orang
b)
Pegawai
Muslim outsourcing Bank Mandiri
c)
Keluarga
pegawai muslim Bank Mandiri
d)
Nasabah/Visitor
(tamu)
IX. FUNGSI MASJID
a)
Sarana
Pelaksanaan Ibadah (Sholat 5 Waktu, Sholat Jum’at, Sholat Tarawih dan sholat sunnah
lainnya)
b)
Sarana
Pendidikan/ Dakwah (Pengajian, Kursus Singkat, Perpustakaan dsb)
c)
Sarana
Bimbingan dan Penyuluhan (Bimbingan Haji, Pengurusan Jenazah dsb)
d)
Sarana
Ukhuwah Islamiyah (Peringatan Hari Besar Keagamaan, Musyawarah)
e)
Sarana
Pengelolaan Infaq dan Shodaqoh (Menghimpun
dan menyalurkan infak dan shadaqah)
X. PEMAKMURAN MASJID
a)
Saat
ini Masjid An-Nur Plaza
Mandiri menampung kurang lebih 3000 jama’ah
b)
Perpustakaan
Masjid
c)
Penambahan
area kegiatan sholat jum’at
d)
Penggantian
speaker Masjid merek “BOSE”
e)
Pembelian
Mesin Cuci (keset masjid terjaga
kesucian dan kebersihannya)
f)
Penggantian
Karpet Masjid
g)
Pembuatan
road barier
h)
Penambahan
kipas angin masjid
i)
Pembuatan
lampu signage Masjid
j)
Penambahan
kotak amal masjid
XI. SDM MASJID
a)
Jumlah
Pegawai (Terdiri dari 6 (Enam) tenaga
pelaksana
b)
Pendidikan
Pegawai (S1 berjumlah 2 orang, SLTA berjumlah 2 orang, SLTP berjumlah 2 orang)
c)
Pengelolaan
SDM ( Saat ini pengelolaan SDM dikelola oleh Koperasi Mandiri melalui PT. PABK)
XII. KEUANGAN MASJID
a)
Manajemen
Masjid menyusun
Anggaran Pendapatan dan Belanja Masjid / RAPBM secara tahunan
untuk disetujui dalam rapat Manajemen Masjid
b)
Harus
memiliki cash flow yang baik
agar dapat membiayai kegiatan produktif
c)
Penerimaan
dana tromol kotak infak dari
jama’ah dan bantuan dari Bapekis
d)
Pengeluaran
harus mengikuti anggaran yang ditetapkan meliputi : operasional kemasjidan (pembelian alat-alat kebersihan, ATK, gaji, jamsostek, bisyarah ustadz/khotib, takjil puasa dll) dan
bantuan sosial lainnya
e)
Investasi
diarahkan untuk mendukung pengembangan jamaah, meliputi pemeliharaan sarana dan prasarana, peralatan kantor dan kendaraan (bila diperlukan)
f)
Laporan
keuangan harus dipublikasikan secara berkala, diaudit dan dipertanggung-jawabkan secara berkala
XIII. PROGRAM KERJA
a)
Program
Haji (Th. 2015
2 orang dan Th. 2016 3 orang)
b)
Program
Beasiswa (dari tingkat PAUD/TK sd Perguruan Tinggi)
c)
Program
Pensiun (DPLK)
d)
Program
Kesehatan (BPJS Kesehatan Ruang Inap Kelas
1)
e)
Program
Qordul Hasan (Pinjaman lunak tanpa bunga)
f)
Program
Training Manajemen Masjid (Pelatihan Dakwah)
g)
Safari
Jum’atan ( Masjid perkantoran dan kompleks perumahan Bank Mandiri)
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut