SELAMAT DATANG DI BLOG MASJID AN NUR PLAZA MANDIRI, MELAYANI JAMAAH DENGAN AMANAH, PROFESIONAL DAN IKHLAS

Rabu, 27 Januari 2016

Manajemen Masjid

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

PELAYANAN MASJID AN NUR PLAZA MANDIRI

 

 

Bahwa tujuan utama terbentuknya kepengurusan Masjid An-Nur   Plaza Mandiri PT Bank Mandiri (Persero) Tbk adalah terbinanya  jama’ah khususnya karyawan/wati muslim yang beriman, berilmu dan beramal sholeh dalam rangka beribadah kepada Allah SWT khususnya dilingkungan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.

 

Bahwa dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan  pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri dalam usahanya untuk mencapai maksud dan tujuannya diperlukan adanya dasar hukum mengenai standar operasional penyelenggaraan layanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

Bahwa atas dasar pertimbangan tersebut diatas, perlu menetapkan entang Standar Operasional Prosedur (Standard Operating Procedure) Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

1.    Standar Operasional Prosedur (Standard Operating Procedure) Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri PT Bank Mandiri (Persero) Tbk selanjutnya disebut SOP Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri, adalah serangkaian kegiatan yang dibakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan untuk kepentingan para jama’ah di lingkungan internal Bank Mandiri yang disediakan oleh Masjid An-Nur Plaza Mandiri.

2.    SOP Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri disusun guna memberikan kepastian pelayanan, antara lain terhadap proses, jangka waktu penyelesaian, dan persyaratan administrasi yang disediakan masing-masing unit pengurus Masjid An-Nur Plaza Mandiri.

3.    Uraian SOP Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri sebagaimana   ditetapkan dalam lampiran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Keputusan Koordinator Bidang Takmir Masjid An-Nur Plaza Mandiri.

                                              

PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA  MANDIRI

 Nomor                      :

 

Tanggal Penetapan :

 

Nomor SOP               :

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Pengambilan Uang Kegiatan Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

KOORDINATOR

BIDANG TAKMIR

BENDAHARA

KETUA HARIAN MASJID

1

Ketua Pelaksana Harian Masjid :

a.     Membuat rencana kebutuhan dana permintaan uang kegiatan masjid kepada bendahara masjid.

b.    Menyampaikan rincian permintaan uang kegiatan beserta rencana penarikan dananya kepada bendahara masjid

 

 

2

Bendahara :

a.     Menerima permintaan uang kegiatan serta rincian rencana dana dari ketua harian masjid

b.    Meneliti kebutuhan permintaan uang kegiatan

c.     Membuat konsep/net nota persetujuan pemberian uang kegiatan serta menyampaikan kepada koordinator bidang  takmir

 

 

 

3

Koordinator Bidang Takmir

a.     Menerima dan meneliti konsep/net nota persetujuan pemberian uang kegiatan

b.    Menandatangani nota persetujuan pemberian uang kegiatan dan memerintahkan bendahara untuk membayar uang kegiatan

c.    Menandatangani cheque pengambilan uang kegiatan

 

 

 

4

Bendahara :

a.    Menerima nota persetujuan pemberian uang kegiatan dari koordinator bidang

b.    Menandatangani cheque pengambilan uang yang sudah ditandatangani oleh koordinator bidang takmir

c.    Mengambil uang di bank

d.    Membuat bukti tanda terima pemberian uang kegiatan untuk ditandatangani ketua harian masjid

e.    Membayarkan uang kegiatan kepada ketua harian masjid

 

 

 

5

Ketua Harian Masjid :

a.     Menerima uang kegiatan dan menandatangani bukti tanda terima uang kegiatan masjid

b.    Membuat laporan pertanggungjawaban

 

 

 

 

 

 

PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA  MANDIRI

 Nomor                      :

 

Tanggal Penetapan :

 

Nomor SOP               :

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Uang Kegiatan Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

KOORDINATOR

BIDANG TAKMIR

BENDAHARA

KETUA HARIAN MASJID

1

Ketua Pelaksana Harian Masjid :

a.    Membuat laporan pertangungjawaban penggunaan uang muka kegiatan masjid serta bukti-bukti pengeluaran paling lambat 7 hari kerja setelah selesainya kegiatan

b.    Menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan uang kegiatan masjid kepada bendahara

 

2

Bendahara :

a.    Menerima laporan pertanggungjawaban penggunaan uang kegiatan masjid dari ketua harian masjid

b.    Meneliti laopran pertanggungjawaban serta bukti-bukti pengeluaran

c.    Membuat dan menandatangani nota tanggapan terhadap laporan pertangungjawaban ketua harian masjid

d.    Membuat konsep/net surat persetujuan terhadap laporan pertanggungjawaban ketua harian masjid kepada koordinator bidang takmir

 

3

Koordinator Bidang Takmir

a.     Menerima dan meneliti konsep/net surat persetujuan terhadap laporan pertanggungjawaban ketua harian masjid dari bendahara

b.    Menandatangani konsep/net surat  persetujuan terhadap laporan pertanggungjawaban ketua harian masjid dan memerintahkan bendahara untuk membukukan dalam laporan kas masjid

 

4

Bendahara :

a.    Menerima konsep/net surat  persetujuan terhadap laporan pertangungjawaban ketua harian masjid dari koordinator bidang takmir

b.   Membukukan bukti pengeluaran kegiatan yang telah disetujui koordinator bidang takmir dalam laporan kas masjid

 

 

 

PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA  MANDIRI

 Nomor                      :

 

Tanggal Penetapan :

 

Nomor SOP               :

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Laporan Bulanan/Triwulanan/Semesteran Kas Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

KOORDINATOR

BIDANG TAKMIR

BENDAHARA

1

Bendahara :

a.    Membuat laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid dengan perincian sebagai berikut :

-    Laporan Bulanan setiap tanggal 1 bulan berikutnya

-    Laporan triwulanan setiap tanggal 1 bulan April, Juli, Oktober dan Januari

-    Laporan Semesteran setiap tanggal 1 bulan Juli dan Januari

b.    Menyampaikan laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid kepada koordinator bidang takmir

c.    Membuat dan menandatangani nota laporan pertanggungjawaban kas masjid dan menyampaikannya kepada koordinator bidang takmir masjid

2

Koordinator Bidang Takmir :

a.    Menerima dan meneliti nota laporan pertanggungjawaban kas masjid serta laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid dari bendahara

b.    Menandatangani dan memberikan catatan terhadap laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid serta menyampaikan kembali kepada bendahara

c.    Memerintahkan bendahara untuk mengumumkan laporan ka masjid kepada jama’ah masjid pada layar TV signage serta pada waktu sebelum sholat jum’at

3

Bendahara :

a.     Menerima laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid yang telah disetujui dan diberikan catatan oleh koordinator bidang takmir

b.   Mengumumkan laporan kas masjid kepada jama’ah masjid, pada layar TV signage serta pada waktu sebelum sholat jum’at

 

 

PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA  MANDIRI

Nomor                        :

 

Tanggal Penetapan  :

 

Nomor SOP                :

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Laporan Kegiatan Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

KOORDINATOR

BIDANG TAKMIR

KETUA HARIAN MASJID

1

Ketua Pelaksana Harian Masjid :

a.     Membuat laporan kegiatan Masjid dengan perincian sebagai berikut :

-    Laporan Jadwal Khotib Jum’at

-    Laporan Jadwal Penceramah Rabuan

-    Laporan Kondisi  Sarana dan Prasarana Masjid

-    Laporan Inventarisir Masjid

-    Laporan pembinaan cleaning service

b.    Menyampaikan laporan kegiatan masjid kepada koordinator bidang takmir

c.    Membuat dan menandatangani nota laporan kegiatan dan menyampaikannya kepada koordinator bidang takmir masjid

2

Koordinator Bidang Takmir :

a.    Menerima dan meneliti nota laporan kegiatan masjid  dari ketua pelaksana harian masjid

b.    Menandatangani dan memberikan catatan terhadap laporan kegiatan masjid serta menyampaikan kembali kepada ketua pelaksana harian masjid

3

Ketua Pelaksana Harian Masjid :

a.    Menerima laporan kegiatan  masjid yang telah disetujui dan diberikan catatan oleh koordinator bidang takmir

b.    Melaksanakan catatan/pertimbangan koordinator bidang takmir masjid

 

 

 

PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA  MANDIRI

 Nomor                      :

 

Tanggal Penetapan :

 

Nomor SOP               :

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Peminjaman Barang Inventaris Masjid An-Nur Plaza Mandiri

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

KETUA HARIAN MASJID

PEMINJAM

1

Peminjam :

a.     Konfirmasi  mengenai barang/alat yang akan di pinjam

b.    Mengajukan surat permohonan peminjaman barang/alat kepada ketua pelaksana harian masjid

2

Ketua  Pelaksana Harian Masjid :

a.    Menerima surat permohonan peminjaman barang/alat dari peminjam

b.    Mengecek keberadaan barang/alat untuk memastikan bahwa barang/alat tidak dipergunakan pada hari yang sama

c.    Membuat dan menandatangani form bukti peminjaman barang / alat rangkap 2 (dua) dengan perincian sebagai berikut :

-    Hari/tanggal/jam penggunaan

-    Penangung jawab

-    Kewajiban Mengembalikan

d.          Menyerahkan barang/alat dan copy form bukti peminjaman barang  kepada peminjam

e.          Mengadministrasikan surat permohonan dan form bukti peminjaman

Yes

 

Pencatatan

 

Cek

 

Yes/No

 

No

 

3

Peminjam :

a.     Menerima  barang/alat  dan form bukti peminjaman barang dari ketua pelaksana harian masjid

b.    Mengembalikan barang/alat sesuai dengan waktu dan tanggal

4

Ketua Pelaksana Harian Masjid :

a.     Menerima pengembalian barang/alat dari peminjam

b.   mengadministrasikan

 

 

 

 

PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA  MANDIRI

 Nomor                      :

 

Tanggal Penetapan :

 

Nomor SOP               :

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Pemberian Bantuan Untuk Jama’ah Masjid Yang Kurang Mampu (Mustahik) Internal

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

KOORD

BIDANG TAKMIR

BENDAHARA

SEKRETARIS

KETUA HARIAN MASJID

MUSTAHIK

1

Mustahik :

Menyampaikan pengajuan permohonan bantuan dana kepada Ketua Harian Masjid

 

 

 

2

Ketua Pelaksana Harian Masjid :

a.  Menerima dan memverifikasi proposal atau permohonan bantuan dana

b.  Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada sekretaris masjid

 

 

Tidak

 

Tidak

 

Tidak

 

Tidak

 

 

3

Sekretaris :

a. Menerima dan memverifikasi proposal atau permohonan bantuan dana

b. Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada bendahara

 

 

 

4

Bendahara :

a.  Menerima nota pertimbangan persetujuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana dari Ketua harian dan sekretaris masjid

b.  Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada koordinator bidang takmir masjid

 

 

 

5

Koordinator Bidang Takmir :

a. Menerima nota pertimbangan persetujuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana dari ketua harian, sekretaris dan bendahara masjid

b. Menetapkan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan melalui bendahara

 

 

 

6

Bendahara :

a.  Menerima penetapan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana  dari koordinator bidang takmir

b.  Menyampaikan uang bantuan kepada pihak yang mengajukan permohonan bantuan/proposal

 

 

 

 

 

2 komentar:

  1. Izin mempelajari, sangat bermanfaat

    https://ahligizi.id

    BalasHapus
  2. Terima kasih Ustadz kita pelajari untuk kemakmuran masjid kami

    BalasHapus