STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
PELAYANAN MASJID AN NUR PLAZA MANDIRI
Bahwa
tujuan utama terbentuknya kepengurusan Masjid An-Nur Plaza
Mandiri PT Bank Mandiri (Persero) Tbk adalah terbinanya jama’ah khususnya karyawan/wati muslim yang
beriman, berilmu dan beramal sholeh dalam rangka beribadah kepada Allah SWT
khususnya dilingkungan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Bahwa
dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri dalam
usahanya untuk mencapai maksud dan tujuannya diperlukan adanya dasar hukum
mengenai standar operasional penyelenggaraan layanan Masjid An-Nur Plaza
Mandiri
Bahwa
atas dasar pertimbangan tersebut diatas, perlu menetapkan entang Standar
Operasional Prosedur (Standard Operating
Procedure) Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri
1.
Standar
Operasional Prosedur (Standard Operating Procedure) Pelayanan Masjid An-Nur
Plaza Mandiri PT Bank Mandiri (Persero) Tbk selanjutnya disebut SOP Pelayanan
Masjid An-Nur Plaza Mandiri, adalah serangkaian kegiatan yang dibakukan dalam
rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan untuk kepentingan para jama’ah di
lingkungan internal Bank Mandiri yang disediakan oleh Masjid An-Nur Plaza
Mandiri.
2.
SOP
Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri disusun guna memberikan kepastian
pelayanan, antara lain terhadap proses, jangka waktu penyelesaian, dan
persyaratan administrasi yang disediakan masing-masing unit pengurus Masjid
An-Nur Plaza Mandiri.
3.
Uraian
SOP Pelayanan Masjid An-Nur Plaza Mandiri sebagaimana ditetapkan dalam lampiran merupakan bagian
yang tidak terpisahkan dari Keputusan Koordinator Bidang Takmir Masjid An-Nur
Plaza Mandiri.
PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA MANDIRI |
Nomor : |
|
Tanggal Penetapan : |
|
Nomor SOP : |
Standar
Operasional Prosedur / Standard
Operating Procedures (SOP) Pengambilan
Uang Kegiatan Masjid An-Nur Plaza Mandiri
NO |
URAIAN KEGIATAN |
KOORDINATOR BIDANG TAKMIR |
BENDAHARA |
KETUA HARIAN MASJID |
1 |
Ketua
Pelaksana Harian Masjid : a. Membuat rencana kebutuhan dana permintaan uang kegiatan masjid kepada bendahara masjid. b. Menyampaikan rincian permintaan uang kegiatan beserta rencana penarikan dananya kepada bendahara masjid |
|
|
|
2 |
Bendahara
: a.
Menerima
permintaan uang kegiatan serta rincian rencana dana dari ketua harian masjid b. Meneliti kebutuhan permintaan uang kegiatan c.
Membuat
konsep/net nota persetujuan pemberian uang kegiatan serta menyampaikan kepada
koordinator bidang takmir |
|
|
|
3 |
Koordinator
Bidang Takmir a.
Menerima dan
meneliti konsep/net nota persetujuan pemberian uang kegiatan b. Menandatangani nota persetujuan pemberian uang
kegiatan dan memerintahkan bendahara untuk membayar uang kegiatan c. Menandatangani cheque pengambilan uang kegiatan |
|
|
|
4 |
Bendahara
: a. Menerima nota persetujuan pemberian uang kegiatan dari koordinator bidang b. Menandatangani cheque pengambilan uang yang sudah ditandatangani oleh koordinator bidang takmir c. Mengambil uang di bank d. Membuat bukti tanda terima pemberian uang kegiatan untuk ditandatangani ketua harian masjid e. Membayarkan uang kegiatan kepada ketua harian masjid |
|
|
|
5 |
Ketua
Harian Masjid : a.
Menerima uang
kegiatan dan menandatangani bukti tanda terima uang kegiatan masjid b. Membuat laporan pertanggungjawaban |
|
|
|
PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA MANDIRI |
Nomor : |
|
Tanggal Penetapan : |
|
Nomor SOP : |
Standar
Operasional Prosedur / Standard
Operating Procedures (SOP) Laporan
Pertanggungjawaban Penggunaan Uang Kegiatan Masjid An-Nur Plaza Mandiri
NO |
URAIAN KEGIATAN |
KOORDINATOR BIDANG TAKMIR |
BENDAHARA |
KETUA HARIAN MASJID |
1 |
Ketua
Pelaksana Harian Masjid : a. Membuat laporan pertangungjawaban penggunaan uang muka kegiatan masjid serta bukti-bukti pengeluaran paling lambat 7 hari kerja setelah selesainya kegiatan b. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan uang kegiatan masjid kepada bendahara |
|
|
|
2 |
Bendahara
: a. Menerima laporan pertanggungjawaban penggunaan uang
kegiatan masjid dari ketua harian masjid b. Meneliti laopran pertanggungjawaban serta
bukti-bukti pengeluaran c. Membuat dan menandatangani nota tanggapan terhadap
laporan pertangungjawaban ketua harian masjid d. Membuat konsep/net surat persetujuan terhadap
laporan pertanggungjawaban ketua harian masjid kepada koordinator bidang
takmir |
|
|
|
3 |
Koordinator
Bidang Takmir a. Menerima dan meneliti konsep/net surat persetujuan terhadap laporan pertanggungjawaban ketua harian masjid dari bendahara b. Menandatangani konsep/net surat persetujuan terhadap laporan pertanggungjawaban ketua harian masjid dan memerintahkan bendahara untuk membukukan dalam laporan kas masjid |
|
|
|
4 |
Bendahara
: a. Menerima konsep/net surat persetujuan terhadap laporan
pertangungjawaban ketua harian masjid dari koordinator bidang takmir b. Membukukan bukti pengeluaran kegiatan yang telah disetujui koordinator bidang takmir dalam laporan kas masjid |
|
|
|
PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA MANDIRI |
Nomor : |
|
Tanggal Penetapan : |
|
Nomor SOP : |
Standar Operasional
Prosedur / Standard Operating
Procedures (SOP) Laporan
Bulanan/Triwulanan/Semesteran Kas Masjid An-Nur Plaza Mandiri
NO |
URAIAN KEGIATAN |
KOORDINATOR BIDANG TAKMIR |
BENDAHARA |
1 |
Bendahara
: a. Membuat laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas
masjid dengan perincian sebagai berikut : -
Laporan Bulanan
setiap tanggal 1 bulan berikutnya - Laporan triwulanan setiap tanggal 1 bulan April,
Juli, Oktober dan Januari - Laporan Semesteran setiap tanggal 1 bulan Juli dan
Januari b. Menyampaikan laporan bulanan/triwulanan/semesteran
kas masjid kepada koordinator bidang takmir c. Membuat dan menandatangani nota laporan pertanggungjawaban kas masjid dan menyampaikannya kepada koordinator bidang takmir masjid |
|
|
2 |
Koordinator
Bidang Takmir : a. Menerima dan meneliti nota laporan
pertanggungjawaban kas masjid serta laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas
masjid dari bendahara b. Menandatangani dan memberikan catatan terhadap
laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid serta menyampaikan kembali
kepada bendahara c. Memerintahkan bendahara untuk mengumumkan laporan ka
masjid kepada jama’ah masjid pada layar TV signage serta pada waktu sebelum
sholat jum’at |
|
|
3 |
Bendahara
: a.
Menerima
laporan bulanan/triwulanan/semesteran kas masjid yang telah disetujui dan
diberikan catatan oleh koordinator bidang takmir b. Mengumumkan laporan kas masjid kepada jama’ah masjid, pada layar TV signage serta pada waktu sebelum sholat jum’at |
|
|
PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA MANDIRI |
Nomor : |
|
Tanggal Penetapan : |
|
Nomor SOP : |
Standar
Operasional Prosedur / Standard
Operating Procedures (SOP) Laporan
Kegiatan Masjid An-Nur Plaza Mandiri
NO |
URAIAN KEGIATAN |
KOORDINATOR BIDANG TAKMIR |
KETUA HARIAN MASJID |
1 |
Ketua
Pelaksana Harian Masjid : a.
Membuat laporan
kegiatan Masjid dengan perincian sebagai berikut : -
Laporan Jadwal
Khotib Jum’at - Laporan Jadwal Penceramah Rabuan - Laporan Kondisi
Sarana dan Prasarana Masjid - Laporan Inventarisir Masjid - Laporan pembinaan cleaning service b. Menyampaikan laporan kegiatan masjid kepada
koordinator bidang takmir c. Membuat dan menandatangani nota laporan kegiatan dan menyampaikannya kepada koordinator bidang takmir masjid |
|
|
2 |
Koordinator
Bidang Takmir : a. Menerima dan meneliti nota laporan kegiatan
masjid dari ketua pelaksana harian
masjid b. Menandatangani dan memberikan catatan terhadap
laporan kegiatan masjid serta menyampaikan kembali kepada ketua pelaksana
harian masjid |
|
|
3 |
Ketua
Pelaksana Harian Masjid : a. Menerima laporan kegiatan masjid yang telah disetujui dan diberikan
catatan oleh koordinator bidang takmir b. Melaksanakan catatan/pertimbangan koordinator bidang
takmir masjid |
|
|
PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA MANDIRI |
Nomor : |
|
Tanggal Penetapan : |
|
Nomor SOP : |
Standar
Operasional Prosedur / Standard
Operating Procedures (SOP) Peminjaman
Barang Inventaris Masjid An-Nur Plaza Mandiri
NO |
URAIAN KEGIATAN |
KETUA HARIAN MASJID |
PEMINJAM |
||||||||||
1 |
Peminjam
: a. Konfirmasi mengenai barang/alat yang akan di pinjam b. Mengajukan surat permohonan peminjaman barang/alat kepada ketua pelaksana harian masjid |
|
|
||||||||||
2 |
Ketua Pelaksana Harian Masjid : a. Menerima surat permohonan peminjaman barang/alat
dari peminjam b. Mengecek keberadaan barang/alat untuk memastikan
bahwa barang/alat tidak dipergunakan pada hari yang sama c. Membuat dan menandatangani form bukti peminjaman
barang / alat rangkap 2 (dua) dengan perincian sebagai berikut : -
Hari/tanggal/jam
penggunaan -
Penangung jawab -
Kewajiban
Mengembalikan d.
Menyerahkan
barang/alat dan copy form bukti peminjaman barang kepada peminjam e.
Mengadministrasikan
surat permohonan dan form bukti peminjaman |
Yes Pencatatan Cek Yes/No |
No |
||||||||||
3 |
Peminjam
: a. Menerima barang/alat dan form bukti peminjaman barang dari ketua pelaksana harian masjid b. Mengembalikan barang/alat sesuai dengan waktu dan tanggal |
|
|
||||||||||
4 |
Ketua
Pelaksana Harian Masjid : a.
Menerima
pengembalian barang/alat dari peminjam b. mengadministrasikan |
|
|
PENGURUS MASJID AN-NUR PLAZA MANDIRI |
Nomor : |
|
Tanggal Penetapan : |
|
Nomor SOP : |
Standar
Operasional Prosedur / Standard
Operating Procedures (SOP) Pemberian
Bantuan Untuk Jama’ah Masjid Yang Kurang Mampu (Mustahik) Internal
NO |
URAIAN KEGIATAN |
KOORD BIDANG TAKMIR |
BENDAHARA |
SEKRETARIS |
KETUA HARIAN MASJID |
MUSTAHIK |
||||||||
1 |
Mustahik
: Menyampaikan pengajuan permohonan
bantuan dana kepada Ketua Harian Masjid |
|
|
|
|
|
||||||||
2 |
Ketua
Pelaksana Harian Masjid : a. Menerima dan memverifikasi proposal atau permohonan
bantuan dana b. Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan
besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada
sekretaris masjid |
|
|
Tidak Tidak Tidak Tidak |
|
|
||||||||
3 |
Sekretaris
: a. Menerima dan memverifikasi proposal atau permohonan
bantuan dana b. Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan
besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada
bendahara |
|
|
|
|
|
||||||||
4 |
Bendahara
: a. Menerima nota pertimbangan persetujuan terhadap
proposal atau permohonan bantuan dana dari Ketua harian dan sekretaris masjid b. Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan
besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada
koordinator bidang takmir masjid |
|
|
|
|
|
||||||||
5 |
Koordinator
Bidang Takmir : a. Menerima nota pertimbangan persetujuan terhadap
proposal atau permohonan bantuan dana dari ketua harian, sekretaris dan
bendahara masjid b. Menetapkan persetujuan dan besaran bantuan terhadap
proposal atau permohonan bantuan melalui bendahara |
|
|
|
|
|
||||||||
6 |
Bendahara
: a. Menerima penetapan persetujuan dan besaran bantuan
terhadap proposal atau permohonan bantuan dana dari koordinator bidang takmir b. Menyampaikan uang bantuan kepada pihak yang
mengajukan permohonan bantuan/proposal |
|
|
|
|
|
Izin mempelajari, sangat bermanfaat
BalasHapushttps://ahligizi.id
Terima kasih Ustadz kita pelajari untuk kemakmuran masjid kami
BalasHapus